Kamis , 28 Maret 2024
Breaking News

6 Hal yang bikin sandal jepit tak selalu aman untuk kakimu

Dibandingkan dengan high heels, sandal jepit jelas aman dan nyaman untuk kakimu. Sebabnya sandal jepit tak memiliki penyangga atau yang lazim dikenal dengan hak yang bisa membuat kamu cedera. Selain itu, bahan sandal jepit yang biasa terbuat dari karet juga bisa menghindarkanmu dari adegan terpleset yang berbahaya.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari idiva.com menemukan bahwa tak selamanya sandal jepit aman untuk kakimu lho. Berikut adalah alasannya.

Tidak memiliki bantalan kaki
Karena nyamannya, para pemakai sandal jepit seringkali menggunakannya untuk berjalan jauh. Namun hal ini ternyata bisa menyakitkan kakimu dalam jangka panjang, lho. Sebabnya sandal jepit tidak memiliki bantalan tumit atau lekukan. Sehingga dapat menyebabkan cedera.

Memiliki sedikit perlindungan untuk kaki
Sandal jepit merupakan alas kaki yang memiliki sedikit perlindungan untuk jari kaki dibandingkan dengan sepatu. Sehingga kakimu bisa cenderung rawan cedera seperti gigitan serangga atau tersengat sinar matahari.

Bisa menyebabkan kerusakan jari
“Mengenakan sandal jepit bisa menyebabkan hammertor, dimana buku-buku jari kaki bisa menekuk secara permanen. Hal ini terjadi karena buku-buku jari bekerja lebih keras untuk mencengkeram sandal jepit,” ungkap Dr Rana K, seorang ahli tulang di sebuah klinik kesehatan di Delhi. “Selain gangguan tersebut, pemakaian sandal jepit secara rutin membuat kaki rentan terkena plantar faciitis yaitu peradangan di telapak kaki dan kaki yang sangat menyiksa.”

Membuat postur tubuh jadi buruk
Tahukah kamu bahwa pemakaian sandal jepit bisa membuat postur tubuh jadi berantakan lho. Sebabnya, karena sandal jepit yang tidak memiliki bantalan dan cenderung datar akan mengubah biomekanik tubuh yang pada gilirannya bisa mempengaruhi postur tubuh.

Mengandung bahan beracun
Sandal jepit ternyata juga bisa mengandung bahan beracun seperti lateks yang bisa menyebabkan alergi atau BPA, racun dari plastik yang bisa menyebabkan kanker.

Merusak kesehatan tumit
Karena sandal jepit cenderung datar dan tipis, maka tumit kakimu bisa rentran cedera. “Disadari atau tidak, pemakaian sandal jepit dalam waktu yang lama bisa menyebabkan rasa nyeri di tumit muncul,” ungkap Dr Rana.

loading...

Lihat Juga

Ini dia tipe-tipe orang yang berisiko tinggi kena ISK!

ISK atau infeksi saluran kemih adalah suatu kondisi di mana saluran kemih, kandung kemih, atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *