Sabtu , 31 Juli 2021
Breaking News
Beranda / Gaya Hidup / Kesehatan / Begini Cara Memilih Roti Paling Sehat

Begini Cara Memilih Roti Paling Sehat

Saat Anda pergi ke supermarket dan menyusuri lorong khusus roti, akan nampak deretan beragam roti yang menggoda mata dan hati.

Jika diteliti lebih dekat, pada label kemasan roti-roti itu tertulis macam-macam bahan. Ada yang menambahkan vitamin tertentu, ada yang mencantumkan tulisan “terbuat dari gandum”, “terbuat dari gandum utuh”, dan lain sebagainya. Mana yang paling sehat untuk Anda?

”Itulah perlunya memersenjatai diri dengan informasi yang cukup mengenai arti yang tertulis pada kemasan makanan,” kata ahli gizi Katie Cavuto, R.D.

Di sisi lain, ahli gigzi Keri Gans, R.D.N., C.D.N., yang juga adalah penulis buku The Small Change diet mengatakan bahwa roti memiliki manfaat yang baik.

“Anda tidak perlu takut karbohidrat ini. Roti bisa menjadi makanan tambahan yang sangat bergizi untuk Anda,” katanya. Namun, ada empat saran memilih roti sehat menurut rekomendasi para pakar gizi di bawah ini.
LABEL WHOLE (SELURUH) ADALAH KUNCI

Ketika memilih roti, lebih baik pilih yang terbuat dari gandum utuh atau whole wheat. Produk gandum atau biji-bijian utuh menyediakan serat, protein, vitamin, dan mineral untuk tubuh Anda, kata ahli nutrisi Keri Glassman, R.D., C.D.N.

Benci rasa roti gandum? Jangan panik. “Jika yang Anda inginkan adalah roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, maka ada pilihan selain gandum seperti barley, beras merah, atau rami dengan rasa yang berbeda.
PASTIKAN LABEL MENULISKAN KATA 100 PERSEN BIJI-BIJIAN UTUH

Produk roti yang hanya terdiri dari 51 persen biji-bijian bisa melabeli diri dengan tulisan “whole wheat” atau gandum utuh. Itulah mengapa label “100 persen gandum atau biji-bijian (grain)” menjadi sangat penting.
SEMAKIN SEDIKIT BAHAN BERARTI SEMAKIN SEHAT

“Tidak adanya rasa buatan, warna, dan pengawet juga penting,” kata Cavuto. Dia merekomendasikan agar Anda menghindari bahan aditif (biasanya memiliki nama yang sulit diucapkan) dan minyak terhidrogenasi parsial.

Jika ada kandungan bahan yang Anda tidak bisa mengucapkannya atau memahaminyam, cobalah untuk mencaritahu di internet. Cavuto juga menyarankan Anda menghindari lemak trans dan sirup jagung fruktosa.
FOKUS PADA SERAT

Serat sangat penting untuk diet Anda. Serat membantu Anda cepat kenyang dalam waktu yang lama dan membantu menjaga kesehatan usus.

“Lihat berapa gram serat yang terkandung dalam tiap potong roti. Sebaiknya cari yang mengandung serat lebih dari tiga gram,” kata Gans.

loading...

Lihat Juga

Ini dia tipe-tipe orang yang berisiko tinggi kena ISK!

ISK atau infeksi saluran kemih adalah suatu kondisi di mana saluran kemih, kandung kemih, atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *