Jumat , 30 Juli 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Pekanbaru Dikepung Asap, Ini Penampakan Lahan Terbakar di Riau

Pekanbaru Dikepung Asap, Ini Penampakan Lahan Terbakar di Riau

Pekanbaru – Pekanbaru sejak pagi hingga siang ini masih terlihat terkepung asap. Saat ini kebakaran lahan masih terjadi di sejumlah kabupaten yang ada di Riau. Dan banyak warga di Riau yang terpaksa mengungsi

Satgas Udara Karhutla Riau, Sabtu (27/8/2016) sejak pagi hingga siang ini terus berjibaku dengan melakukan pemadaman lewat udara (water bombing).

Pemadaman udara dilaksanakan dengan pesawat air tractor di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Untuk pemadaman di Kabupaten Kampar, digunakan heli. Kebakaran besar lainnya juga terjadi di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak.

Kebakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir dan Bengkalis sudah lebih dari 4 hari. Kendati tim Satgas Karhutla berhasil melakukan pemadaman, namun tetap muncul titik-titik baru lahan yang terbakar.

Ini belum lagi, tim Satgas kesulitan untuk menjangkau lokasi titik api. Sehingga jalan satu-satunya, harus dipadamkan lewat udara.

Komadan Satgas Karhutla, Brigjen Nurendi menyebutkan bahwa lahan yang terbakar di Riau saat ini merupakan unsur kesengajaan. Ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.

“Kebakaran lahan di Riau ini memang sengaja dibakar. Sosialisasi akan bahaya kebakaran lahan sudah dilakukan, dan masyarakat sebenarnya mengerti. Hanya saja orang-orang tertentu dengan sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahannya,” kata Nurendi.

Data Satgas Penegakan Hukum, diketahui saat ini 85 orang telah dijadikan tersangka. Tidak ada satu dari pihak korporasi. Semua tersangka warga dan pemilik lahan.

Kebakaran lahan di Riau sudah membuat kota Pekanbaru dikepung asap dari pagi hingga siang hari. Pencemaran udara dari ‘baik’ kini mendekati level ‘tidak sehat’.

Dari data BMKG Pekanbaru diketahui, kosentrasi partikulit PM10 pada Sabtu (27/8/2016) dari level Baik (0-50) kini memasuki level sedang (50-150). Namun posisi level sedang sudah pada angka 138. Hal itu menunjukan sudah mendekati pada level udara tidak sehat (150-250).(detik)

loading...

Lihat Juga

KM Kelut di penghujung 2017

Batam 23 Des 2017 Pelabuhan Batuampar Batam KM Kelut keberangkatan terakhir ditahun 2017 dari Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *