Rabu , 1 Desember 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Nasional / Gempa Nepal Akibatkan Gunung Everest Bergeser

Gempa Nepal Akibatkan Gunung Everest Bergeser

Nepal, Matarakyatnews.com – Para peneliti di Tiongkok mendapatkan data bahwa gempa bumi hebat yang terjadi di Nepal April lalu telah membuat Gunung Everest bergeser. Pergeseran sejauh sekitar 3 cm ke arah barat daya.

Meski begitu, para ilmuwan dari badan survei dan pemetaan China menegaskan, ketinggian gunung tersebut tidak mengalami perubahan, tetap di angka 8.848 meter dari permukaan laut.

Dilansir Dream dari laman CNN, Rabu 17 Juni 2015, dalam laporan penelitian yang dimuat media pemerintah China disebutkan, dalam 10 tahun terakhir Gunung Everest memang telah bergeser 40 cm ke arah timur laut, dan ketinggiannya naik sebanyak 3 sentimeter. Namun, pergeseran kembali terjadi setelah gempa.

Sependapat dengan hasil temuan para ilmuwan China, Roger Bilham, seorang guru besar ilmu geologi juga mengatakan, kawasan Everest sedikit tertarik beberapa sentimeter ke selatan akibat gempa Nepal.

Seperti diketahui, pada 25 April lalu terjadi gempa berkekuatan 7,8 skala richter di kawasan Himalaya, Nepal. lebih dari 8.700 orang tewas dan setidaknya setengah juta rumah hancur akibat peristiwa ini.

Yang terparah, para ilmuwan Nepal juga menemukan fakta bahwa gempa tersebut membuat ibukota bergeser hampir 2 meter ke arah selatan. (*)

loading...

Lihat Juga

Kapal RI BIMA SUCI

Batam.07122017 Pelabuhan Batu Ampar telah merapat KRI BIMA SUCI diperkirakan selama 3 hari. Bima suci …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *