Jumat , 29 Maret 2024
Breaking News
KUNKER MENSOS

1,8 Juta Lansia di Indonesia Terlantar

SEMARANG – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan setidaknya ada 1,8 juta kalangan lanjut usia (lansia) di Indonesia telantar dan membutuhkan perhatian.

“Kementerian Sosial mencatat 1,8 juta lansia yang telantar. Kebanyakan di mana? Merata,” katanya di Semarang, Sabtu (20/8).

Khofifah mencontohkan beberapa waktu lalu saat peringatan Hari Lansia di Pulau Giliyang, Sumenep, Madura, yang dihadiri sekitar 350 lansia dengan 157 lansia di antaranya berusia di atas 100 tahun.

Sebenarnya, kata dia, masyarakat yang tinggal di daerah tersebut hidupnya cukup mapan. Akan tetapi, pihaknya justru menemukan relatif banyak lansia yang rumahnya tidak layak huni sehingga dibuatkan program bedah rumah.

Ia berharap rumah-rumah tidak layak huni yang selama ini ada secara bertahap bisa ditingkatkan menjadi rumah tinggal layak huni, baik dengan program pemerintah maupun sinergi berbagai pihak.

“Menyisir rumah-rumah tidak layak huni agar mendapatkan rehabilitasi menjadi rumah tinggal layak huni,” katanya.

Rumah tinggal layak huni, kata dia, memenuhi aspek keamanan, kenyamanan, dan kelegaan yang dibutuhkan masyarakat untuk tinggal di permukiman, apalagi masyarakat dari kalangan lansia.

Menurut dia, kalangan lansia harus terlayani kebutuhan pokok hidupnya, mulai dari papan (tempat tinggal atau rumah) hingga aspek pangan dengan adanya program asistensi lansia.

loading...

Lihat Juga

8 Strategies For Opening A Profitable New Nail Salon

8 Strategies For Opening A Profitable New Nail Salon Creating a business Whatsapp account will …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *