Jumat , 30 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Olah Raga / Sepakbola / Berburu Kemenangan Perdana
Real Madrid's Cristiano Ronaldo from Portugal, top, tries to score in between opposition players during a Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Granada at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Saturday, Jan. 25, 2014. (AP Photo/Andres Kudacki)

Berburu Kemenangan Perdana

La Liga Spanyol musim 2016/2017 mulai bergulir pekan ini. Tiga tim teratas musim lalu: Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid mengincar hasil sempurna pada laga perdana ini.
Sang juara bertahan, Barcelona mengawali dengan laga kandang kontra Real Betis, Sabtu (20/8) malam WIB. El Barca telah kembali ke bentuk permainan terbaiknya sejak menelan hasil mengejutkan lewat kekalahan 0-4 dari Liverpool di pramusim.

Barca melewati dua pertandingan kompetitif secara meyakinkan. Meski bermain tanpa trisula yang lengkap karena Neymar masih bertanding di Olimpiade, pasukan Luis Enrique itu mampu menundukkan Sevilla dengan agregat 5-0 dalam Piala Super Spanyol.

Maka dari itu, Betis rasa-rasanya tidak akan jadi masalah. Sejak 2008, Barcelona tidak pernah kalah dari Los Verdiblancos dan selalu memenangi enam pertemuan terakhirnya dengan melesakkan 19 gol serta hanya kebobolan lima gol saja.

Sang rival abadi, Real Madrid, akan membuka petualangan mereka di musim ini dengan melawat ke Anoeta untuk menantang Real Sociedad, Senin (22/8) dinihari WIB. Los Blancos akan menghindari kejutan tidak diinginkan seperti musim lalu saat diimbangi Sporting Gijon tanpa gol di pekan pertama.

Di atas kertas, Real Madrid lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Tapi catatan statistik menunjukkan bahwa Anoeta bukan tempat yang ramah untuk Los Blancos. Mereka memang mampu meraih enam kemenangan dari delapan kunjungan terakhir. Namun jika ditarik lebih jauh, Madrid hanya bisa menang tujuh kali dalam 13 kesempatan. Dan jika dicermati, kemenangan Madrid seringkali diraih dengan skor tipis, kecuali dua tahun lalu yang berakhir dengan skor 4-0 untuk Madrid.

Tim ibu kota Spanyol itu tercatat hanya bisa menang dengan lebih dari dua gol atau lebih di empat dari 21 kunjungan terakhir mereka ke Anoeta. Dan musim lalu, klub yang dinahkodai Zinedine Zidane membutuhkan gol Gareth Bale di menit ke-80 sebelum bisa meraih angka penuh.

Madrid juga dikenal kerap kesulitan ketika menjalani laga awal musim. Musim lalu, mereka hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan Sporting Gijon di jornada perdana dan di 2014, hanya bisa menang 2-0 lawan Cordoba, sebelum tunduk di tangan Sociedad dan Atletico.

Seolah masalah belum cukup, Madrid kemungkinan juga masih belum akan diperkuat oleh beberapa pemain yang baru kembali usai membela negara masing-masing di Euro 2016. Nama-nama mentereng seperti Cristiano Ronaldo dan Pepe sepertinya tidak akan diturunkan sebagai starter. Ditambah lagi kondisi Karim Benzema dan yang kabarnya masih belum fit.

Namun kabar bagusnya, Madrid sudah membuktikan bahwa tanpa kehadiran trio BBC (Benzema, Bale dan Christiano Ronaldo), mereka masih bisa meraih hasil positif. Terlihat saat tim menang 3-2 atas Sevilla di ajang Piala Super Eropa pada 10 Agustus silam.

Sociedad sendiri sudah menjalani sepuluh laga uji coba sejak Juli dan memiliki rekor lima menang, lima imbang, dan satu kalah.

Beberapa jam berselang usai laga Sociedad versus Madrid, Atletico Madrid akan bertanding melawan tim promosi Deportivo Alaves di Vicente Calderon. Itu akan menjadi pertemuan pertama kedua tim sejak 2006. Di atas kertas, tim arahan Diego Simeone itu tidak akan kesulitan merebut angka penuh pertamanya. Namun, itu bukan jaminan mengingat di musim lalu Atletico pun cuma menang 1-0 dari tim promosi Las Palmas di jornada pertama.

loading...

Lihat Juga

Fellaini bagus, bamun dituntut tampil lebih baik lagi

Legenda Manchester United, Paul Scholes, menyebut sejauh ini Marouane Fellaini tampil apik bagi Setan Merah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *