Jumat , 23 Februari 2024
Breaking News

6 Alasan kenapa kamu mudah ngantuk padahal sudah tidur nyenyak

Saat tubuh merasa lelah dan ngantuk, tentu segala macam aktivitas akan terhambat. Untuk itu, kamu pun selalu meluangkan waktu untuk tidur dengan waktu istirahat yang cukup. Namun masalahnya setelah kamu tidur, kamu pun masih merasa ngantuk dan lemas.

Kira-kira apa yang jadi penyebabnya?

Terlalu banyak minum kopi
Kopi mengandung zat kafein yang bisa membuat tubuhmu terjaga. Namun, terlalu banyak kafein juga bisa membuatmu cepat lelah. Sebab hormon adrenal dipacu untuk bekerja dengan keras sehingga kamu tidak memberikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dengan memadai.

Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon merupakan gangguan kesehatan yang sulit untuk didiagnosis sejak awal. Namun, kelelahan mampu menjadi tanda awal dari ketidakseimbangan hormon dalam tubuhmu.

Stres
Stres yang bersumber dari pikiran juga bisa membuatmu merasa lelah luar biasa. Nah, ketika kamu merasa begitu lelah, cobalah untuk mengambil napas meski hanya sejenak demi meredakan ketegangan.

Suntikan nutrisi yang tidak mencukupi
Para ahli kesehatan percaya bahwa saat tubuhmu tidak mendapatkan suntikan atau asupan nutrisi yang memadai, maka tubuh akan lebih mudah untuk merasa lelah. Untuk itu pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi kompleks seperti lemak, protein, karbohidrat, maupun serat yang bermanfaat untuk memberikan suntikan di setiap sel tubuh agar kamu jadi tak mudah lelah dan mengantuk.

Dehidrasi
Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang memadai, mudah ngantuk menjadi gejala awalnya. Penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa tubuh perlu banyak air untuk selalu berenergi dan mudah fokus.

Jarang berolahraga
Ada begitu banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapat dengan berolahraga. Salah satunya adalah kamu jadi tidak mudah merasa kantuk. Sebab, saat kamu rajin berolahraga, maka kerja sistem metabolisme tubuhmu akan terpacu.

loading...

Lihat Juga

Hazard kritik lini belakang Chelsea

Bintang Chelsea, Eden Hazard mengkritik lini pertahanan timnya usai The Blues menelan kekalahan 0-3 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *