Rabu , 28 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Gaya Hidup / Tanam sendiri 6 sayuran ini dari bahan sisa masak di dapur

Tanam sendiri 6 sayuran ini dari bahan sisa masak di dapur

Hobi makan sayur? Kalau begitu, tak ada salahnya menanam sendiri pok choy atau sawi putih yang biasa kamu masak.

Silakan coba menanam jenis-jenis sayuran di bawah ini. Tak perlu membeli bibit tanaman. Seledri, bawang, dan sawi-sawian termasuk jenis sayuran yang mudah ditanam. Kamu bisa menanam sisa batang yang tak dimasak di gelas berisi air atau pot. Asal dirawat dengan baik, kamu bisa memanen sayuran gratis untuk selamanya.

1. Seledri

 

Kamu bisa menumbuhkan kembali seledri dengan memotong dasar batangnya. Pilih batang seledri yang tebal. Kemudian tempatkan dalam semangkuk air di tempat yang cerah. Jangan sampai seluruh batang tenggelam.

Daun baru akan mulai tumbuh dan menebal setelah 7 hari. Kemudian, pindahkan seledri ke dalam pot berisi tanah.

2. Pok choy

 

Potong pangkal batang bok choy dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk. Ganti air setiap minggu.

Dalam seminggu, tunas daun akan tumbuh dari bagian tengah pangkal batang. Pindahkan ke pot berisi tanah, kemudian siram secara rutin. Pok choy bisa dipanen utuh setelah lima bulan.

3. Daun bawang putih

 

Menanam bawang putih memang urusan petani. Tetapi kalau sekadar menumbuhkan daun bawang putih, kita juga bisa, kok. Daun bawang putih juga bisa disantap. Bisa digunakan sebagai pengganti daun kucai pada masakan tradisional.

Letakkan bawang putih pada gelas yang sudah diisi sedikit air. Letakkan bagian pangkal di bawah. Dalam waktu beberapa hari tunas daun akan tumbuh. Pindahkan ke tanah yang subur agar bisa tumbuh dengan leluasa.

4. Sawi putih

 

Kita bisa menanam sawi putih dengan metode yang sama seperti pok choy. Potong pangkal batang dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk dan biarkan sampai daun baru bertunas.

5. Romaine Lettuce

 

Gunakan cara yang sama dengan sawi putih dan pok choy untuk menanam romaine lettuce. Sayuran ini bahkan lebih cepat tumbuh daripada pok choy dan sawi putih.

6. Bawang prei

 

Potong batang bawang prei sekitar 2 cm dari akar. Kemudian tempatkan dalam segelas air. Ganti air secara berkala.

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa kamu tanam sendiri dengan mudah. Silakan dipraktikkan saat waktu luang.

loading...

Lihat Juga

Enyahkan galau nan gundah dengan konsumsi 5 makanan sehat ini

Ketika stres melanda, tentu kamu akan bingung untuk menghilangkannya. Biasanya kamu akan mengusir stres dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *