Rabu , 28 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Gaya Hidup / 4 Kandungan super dalam air beras, tak kalah ampuh dari serum mahal

4 Kandungan super dalam air beras, tak kalah ampuh dari serum mahal

Untuk kamu yang cinta produk kecantikan natural, air beras bisa menjadi salah satu perawatan wajah yang kamu andalkan. Beras mengandung berbagai kandungan super yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Perawatan tradisional ini sudah diandalkan oleh para wanita di Jawa, China, Korea, dan India selama berabad-abad.

Nutrisi ampuh apa saja yang terkandung dalam air beras? Berikut ini kami uraikan satu per satu berikut cara mudah untuk memanfaatkannya.

1. Inositol

Dilansir The Epoch Times beras mengandung vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol akan membantu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat proses penuaan dan merangsang peredaran darah.

Seperti yang kita ketahui, jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan ke seluruh bagian sel. Dengan begitu kulit akan menjadi lebih kencang, bercahaya, dan pori-pori pun mengecil.

2. Allantoin

Air beras mengandung allantoin, senyawa antibakteri yang ampuh untuk menenangkan kulit berjerawat.

3. Ferulic acid

Dilansir Allure, ferulic acid adalah antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti beras. Ferulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

4. Oryzanol

Air beras mengandung oryzanol, kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi (penggelapan kulit) dan memudarkan flek hitam.

Cara terbaik untuk mendapatkan seluruh nutrisi dari air beras adalah melalui proses fermentasi. Dilansir Healthy Natural World, beras yang difermentasi memiliki pH yang mirip dengan kulit kita, sekaligus melepaskan senyawa Pitera yang merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Bahan:

  • Segenggam beras
  • 1 Gelas belimbing air

Cara membuat:

  • Cuci dan remas-remas beras di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran.
  • Rendam beras di dalam segelas air, kemudian diamkan selama semalam
  • Untuk menghentikan proses fermentasi, pisahkan air rendaman dan beras, kemudian simpan airnya di dalam lemari es.

Catatan:

  • Pilih beras organik tanpa pemutih dan pewangi
  • Gunakan air suling/air matang untuk merendam beras
  • Gunakan mangkuk yang bersih dan steril

Gunakan air beras sebagai toner. Celupkan kapas ke dalam air beras, kemudian usapkan ke seluruh bagian wajah. Untuk yang memiliki kulit sensitif, encerkan air beras dengan beberapa sendok makan air. Diamkan selama 15 menit hingga setengah jam, kemudian bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

loading...

Lihat Juga

Tanam sendiri 6 sayuran ini dari bahan sisa masak di dapur

Hobi makan sayur? Kalau begitu, tak ada salahnya menanam sendiri pok choy atau sawi putih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *