Sabtu , 5 Desember 2020
Breaking News
Beranda / Berita / Warga Suliki Keluhkan Jalan Yang Rusak

Warga Suliki Keluhkan Jalan Yang Rusak

Kab. 50 Kota, Matarakyatnews.com –  Kehadiran tim ramadhan Pemerintahan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota sepertinya cukup dinanti dan diharapkan masyarakat Nagari Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki. Tak heran, ketika nagari itu dikunjungi, warga nagari setempat langsung menyampaikan sejumlah aspirasinya kepada tim safari Ramadhan tersebut.

“Kami sangat berharap jalan Tanjuang Bungo-Talang Anau dapat diperbaiki lagi. Sebab, akses perhubungan yang telah dibuka Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) tahun 2009 lalu itu, kini tak bisa dilewati lagi,” ungkap salahseorang warga Aswandi di hadapan tim safari Ramadhan yang dipimpim Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Safarudin Dt. Bandari Rajo, SH di Masjid Jami’ Jorong Kubu Tongah, Jumat (19/6) malam.

Selain itu warga juga menginginkan perbaikan jalan Sompik yang menghubungkan Tanjuang Bungo dengan Nagari Sungai Naniang, serta sejumlah ruas jalan lainnya di nagari ini. Dengan adanya perbaikan jalan tersebut, diharapkan lalulintas ke Tanjuang Bungo jadi lebih lancar sehingga memberikan dampak positif bagi warga serta pasar di nagari setempat.

“Bila jalan itu bisa dilewati lagi, kami optimis pasar Tanjuang Bungo akan lebih ramai dan semakin berkembang. Namun, selagi sejumlah akses menuju pasar itu masih terputus, pusat keramaian tersebut hanya akan dikunjungi masyarakar Tanjuang Bungo saja,” ujar Aswandi.

Terkait dengan usaha perekonomian masyarakat yang mayoritas bertani, Aswandi berharap Pemkab Lima Puluh Kota bisa membangun irigasi di sumber air Boncah Godang. Bila irigasi yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda itu diperbaiki, ia optimis Boncah Godang akan mampu mengairi areal persawahan hingga seluas 200 hektar.

“Debit air Boncah Godang cukup besar. Tak hanya buat mengairi sawah, aliran air itu juga membuka peluang bagi warga untuk mengusahakan kolam ikan,” tutur Aswandi.

Menyikapi kondisi kesenjangan sosial sebagian warga Tanjuang Bungo, lebih jauh Aswandi meminta Dinas Sosial daerah ini juga mengalokasikan bantuan sosial seperti pembangunan rumah layak huni.

Selain menyampaikan berbagai informasi dan menampung aspirasi, dalam kesempatan itu ketua tim Safarudin juga menyerahkan bantuan mesin genset serta sejumlah dana buat Masjid Jami’.

Ikut hadir dalam rombongan safari Ramadhan itu Kepala BPNPM Syahrial Amri, Sekwan Desri, Kabid Bimbingan dan Bantuan Sosial Afdal, S.Sos, Kabid pada Dinas PU Firmansyah dan sejumlah pejabat lainnya. (jn/h)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *