Rabu , 23 Juni 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Wako Solok Serahkan Bantuan Peralatan Penyulingan Minyak Atsiri

Wako Solok Serahkan Bantuan Peralatan Penyulingan Minyak Atsiri

Kota Solok, Matarakyatnews.com – Untuk mengembangkan pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Kota Solok, pada tanggal 27 Mei 2015, Walikota Solok, Irzal Ilyas menyerahkan bantuan berupa alat penyuling mintak Atsiri kepada gabungan kelompok tani di kelurahan Payo. Dalam penyerahan tersebut, Irzal Ilyas menyampaikan agar alat tersebut dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama. Pasalnya dengan kondisi ekonomi saat ini, masyarakat dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam menghasilkan pendapatan tambahan untuk keluarga. Salah satunya ialah dengan mengembangkan usaha pengolahan minyak Atsiri tersebut.

Lebih jauh ia mengakui bahwa untuk saat ini masih banyak sektor ekonomi yang masih membutuhkan perhatian dari pemerintah. Namun hal tersebut belumlah sepenuhnya dapat di fasilitasi. Oleh karena itu alangkah baiknya manakala bantuan yang telah diterima tersebut dapat bermanfaat. Selain itu diharapkan agar pengembangan lapangangan usaha industri tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok.

Sebagaimana diketahui bahwa minyak Atsiri merupakan komoditi unguulan Nasional yang diekspor ke manca negara. Dalam persentase data dari Kementrerian Koperasi dan UKM, Indonesia melakukan ekspor minyak Atsiri tersebut mencapai 70 % minyak nilam dunia . Berkenaan dengan hal tersebut, pemerintah melakukan bimbingan teknis untuk meningkatkan kompetensi SDM pelaku UKM tersebut, terutama pada komoditas minyak Atsiri. Beberapa metode diantaranya ialah pelatihan GMP minyak Atsiri yang telah dilaksanakan pada bulan April 2015 lalu.

“Masyarakat pelaku usaha kecil dan menengah sudah seharusnya lebih jeli dalam melihat berbagai peluang usaha”, ujar Irzal Ilyas.

Kelompok tani Nilam Atsiri yang mendapatkan bantuan tersebut diharapkan untuk bisa mengembngkan hasil usaha mereka untuk menjadi lebih besar lagi. Selain itu, mesin tersebut nantinya juga dapat dipergunakan oleh kelompok pengrajin minyak Atsiri lainnya yang ada di Kota Solok. (jn)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *