Jumat , 27 November 2020
Breaking News
Beranda / Berita / Wako Payakumbuh Buka Pesantren Ramadhan

Wako Payakumbuh Buka Pesantren Ramadhan

Payakumbuh, Matarakyatnews.com – Kamis (2/7) Kegiatan Pesantren Ramadhan 1436 H/ 2015 M di Kota Payakumbuh, resmi dibuka. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 4 – 13 Juli 2015. Ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi di lapangan Kubu Gadang, Payakumbuh Timur. Lebih kurang 35 ribu pelajar,  SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, serta guru Pembimbing ikut dalam apel akbar pembukaan pesantren ramadhan tahun ini.

Wako Riza Falepi membuka kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Ka. Kantor Kemenag Payakumbuh, Asra Faber, Kadis. Pendidikan Payakumbuh Hasan Basri, Sy, Anggota DPRD Payakumbuh Ahmad Zifal, serta Ass. I Yoherman dan Ass. II Amriul Dt. Karayiang.

Dalam sambutannya, Wako Riza menekankan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan. Apalagi, adat istiadat di Minangkabau menjadikan agama Islam sebagai landasan. “Mari kita bersama-sama ciptakan generasi yang berkarakter dan cerdas beragama. Sesuai dengan adat istiadat minang yang mempunyai azas Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi kitabullah” kata Wako Riza.

Selain itu, tambah Wako, kegiatan Pesantren Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan siswa, pengembangan kepribadian yang berakhlak mulia, serta mengembangkan keterampilan bersosialisasi. “Jadi bukan sebagai kegiatan rutin tahunan semata, namun dapat merubah prilaku dan pola pikir generasi Payakumbuh menjadi lebih baik” sebut Wako lagi

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri, Sy,  S.Pd,  menginformasikan, Pesantren Ramadhan tersebut dilakukan terpadu dengan pengurus masjid, jajaran kecamatan, kelurahan dan LPM.  “Kita telah berkoordinasi dengan 73 Masjid dan Mushalla yang tersebar di 5 kecamatan” sebut Hasan.

Ditambahkan Hasan, Pelajar boleh memilih masjid terdekat dari tempat ia berdomisili. Guru yang bertugas di Pesantren Ramadhan pun, juga disesuaikan  dengan tempat tinggalnya. Sehingga, baik guru dan pelajar mudah menunaikan tugas mulia ini.

Kegiatan Pesantren Ramadhan akan dimulai dari subuh hingga usai shalat ashar. Jadwalnya, subuh hingga pukul 09.00 WIB untuk pelajar SD/MI, kemudian pukul 09.00 sampai shalat dzuhur (13.00 WIB), buat pelajar SMP/MTs. Kemudian, pukul 13.00 hingga usai shalat ashar, untuk pelajar SMA/SMK/MA.

“Kegiatan Pesentren Ramadhan, bagian dari program pendidikan Payakumbuh, guna melahirkan generasi muda yang berkarakter atau berakhlak mulia. Sesuai visi kepala daerah, ouput pendidikan di Payakumbuh, harus melahirkan generasi muda yang memiliki pengetahuan, berkarakter, berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” tutup Hasan. (jn)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *