Kamis , 22 April 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Tenaga kerja / Akali 5 Pertanyaan Sulit Ini Saat Wawancara Kerja. Ini Tipsnya

Akali 5 Pertanyaan Sulit Ini Saat Wawancara Kerja. Ini Tipsnya

Pengalaman pertama ataupun telah berpindah kerja berkali-kali, ketika Anda mendapat panggilan kerja dan diwawancarai terkadang tetap terasa ada tekanan yang berbeda.

Terutama, rasa was-was soal pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara sekaligus apa yang mereka ingin dengar dari Anda.

Berikut adalah lima pertanyaan yang umum ditanyakan saatwawancara dan maknanya:

1. Jelaskan CV Anda

Pertanyaan ini bukan berarti orang yang mewawancarai Anda malas untuk membaca formulir atau CV yang sudah Anda isi dan kirimkan. Pertanyaan ini justru adalah saat bagi Anda untuk bersinar.

Hindari monolog selama 10 menit mengenai kesuksesan Anda dan fokuslah pada pengalaman yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar.

2. Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus menunjukkan ketertarikan Anda pada pekerjaan ini dan apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan yang Anda lamar.

Jangan lupa juga untuk mengangkat pencapaian perusahaan dan bagaimana Anda akan menambahkan nilai lebih bila diterima.

3. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Kunci dari pertanyaan ini adalah menjawab dengan jujur, tetapi masih dapat dinilai positif oleh pewawancara. Oleh karena itu, hindari menjawab bahwa Anda sering terlambat dan pilihlah jawaban seperti terlalu fokus dengan detail ataupun tidak suka konfrontasi.

Untuk kelebihan, sesuaikan jawaban Anda dengan posisi yang Anda lamar dan hubungkan dengan pengalaman Anda, misalnya kemampuan komunikasi yang baik sehingga Anda telah berhasil mencapai berbagai negosiasi di perusahaan Anda sebelumnya.

4. Apa yang Anda lakukan di luar jam kantor?

Ini adalah cara pewawancara menilai keaktifan dan nilai sosial Anda serta menilai kecocokan pribadi Anda dengan posisi yang Anda lamar.

Bila posisi yang Anda lamar mengharuskan Anda untuk terus berkomunikasi dengan klien, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bersosialisasi dengan jawaban seperti berjalan-jalan bersama teman, mencoba restoran baru, dan sebagainya.

Bila pekerjaan yang Anda lamar membutuhkan kekuatan fisik, pastikan bahwa Anda menjawab olahraga favorit Anda.

5. Ada pertanyaan lain?

Tunjukkan ketertarikan dan rasa keingintahuan Anda dengan menjawab “Ya”. Namun, hindari pertanyaan yang bisa mengurangi nilai Anda atau menunjukkan bahwa Anda tidak mencari tahu terlebih dahulu.

Sebaliknya, Anda bisa bertanya mengenai pencapaian perusahaan dan tim yang berada di belakangnya.

loading...

Lihat Juga

Aksi Demo Dikantor PLN Batam

Batam 17 April 2017 Aksi masyarakat Batam begitu antusias melontarkan kata kata untuk supaya pimpinan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *