Minggu , 18 April 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Serangan Stroke di Kamar Mandi? Mungkin Karena Buru-buru Guyur Kepala dengan Air Dingin

Serangan Stroke di Kamar Mandi? Mungkin Karena Buru-buru Guyur Kepala dengan Air Dingin

Lagi-lagi beredar pesan berantai terkait stroke. Kali ini disebut banyak orang terkena stroke di kamar mandi karena langsung guyur air di kepala. Benarkah ini bisa picu stroke?

Sebenarnya langsung mengguyur air di kepala saat mandi tidak serta-merta menyebabkan stroke. Namun perlu diingat setiap orang punya rangsangan suhu yang berbeda-beda. dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra, mengatakan stroke mungkin dapat terjadi akibat terpaparnya tubuh dengan suhu yang dingin sehingga menyebabkan kenaikan tekanan darah (salah satu faktor risiko) secara tiba-tiba.

“Rangsangan suhu pada setiap orang sih berbeda. Ada yang memiliki sistem penyaring rangsangan yang rendah, makannya ada (orang) setiap terkena paparan dingin sedikit langsung pingsan,” tutur dokter yang akrab disapa dr Andra.

Sementara itu dokter saraf dari RS Siloam, Jakarta, dr Rocksy Fransisca, SpS mengatakan ada faktor pendukung lain yang mengakibatkan stroke terjadi akibat paparan suhu dingin yaitu adanya pembuluh darah yang kaku atau kelainan pembuluh darah. Kondisi ini membuat serangan stroke mudah terjadi.

Beberapa waktu lalu, Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM juga pernah memberikan penjelasan soal ini. Dikatakan dia, jika seseorang yang tubuhnya sedang kepanasan lalu langsung diguyur kepalanya dengan air dingin, bisa menyebabkan saraf kaget atau bahkan stroke bila terjadi pada orang yang tidak sehat.

Semua titik dan suhu dalam tubuh manusia baik yang berada di dalam maupun di luar berpengaruh pada aktivitas otak. Otak berfungsi untuk memonitor tubuh agar berfungsi secara normal, maka sesuatu yang ganjil pada tubuh tentu sangat mempengaruhi otak.

Prof Teguh menjelaskan tubuh manusia memiliki regulasi yang tinggi karena terdapat thermo regulator (pengatur suhu) di otak. Ketika suhu tubuh panas, maka otak akan memerintahkan pembuluh darah untuk melebar agar terjadi penguapan dan penurunan suhu. Sebaliknya, otak akan memerintahkan pembuluh darah menyusut bila tubuh kedinginan.

Bila pembuluh darah yang sedang melebar karena kepanasan tiba-tiba disiram air dingin, maka bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika hal tersebut terjadi di pembuluh darah otak, maka bisa menyebabkan stroke. Hal yang sama juga terjadi ketika pembuluh darah yang sedang menyusut diguyur air panas.

Maka itu disarankan bila Anda sedang kepanasan atau kedinginan, sebaiknya hindari mengguyur air langsung ke kepala saat mandi. Menurut Prof Teguh, perubahan suhu yang tiba-tiba bisa menyebabkan stroke bila terjadi pada tipe-tipe orang dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pembuluh darah (kardiovaskuler) dan gangguan darah.

Karena itu sebaiknya saat mandi menyiram air ke anggota tubuh paling bawah dahulu? dr Andra yang juga berpraktik di RS Pelni mengatakan tubuh memang sebaiknya beradaptasi terlebih dahulu.

“Setiap kulit tubuh manusia kan berbeda ketebalannya ya, jadi sebaiknya adaptasi dulu. Misalnya dimulai dari otot atau kulit yang tebal, bisa pada kaki atau tangan, jadi jangan langsung ke kepala atau badan karena perubahan suhu yang spontan akan memengaruhi kenaikan tekanan darah,” imbuh dr Andra.

loading...

Lihat Juga

KM Kelut di penghujung 2017

Batam 23 Des 2017 Pelabuhan Batuampar Batam KM Kelut keberangkatan terakhir ditahun 2017 dari Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *