Rabu , 19 Mei 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Nasional / Menteri Siti Tegaskan Penanganan Kebakaran Hutan Tidak atas Desakan Negara Lain

Menteri Siti Tegaskan Penanganan Kebakaran Hutan Tidak atas Desakan Negara Lain

Asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau sudah memasuki wilayah Singapura.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengaku menghormati jika ada keluhan yang disampaikan negara-negara tetangga soal kabut asap di Indonesia.

“Akan tetapi, kami tidak bekerja menangani karhutla karena desakan negara lain,” kata Siti melalui keterangan tertulisnya, Senin (29/8/2016).

Siti menegaskan bahwa Indonesia menganut prinsip ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian, tidak bekerja atas desakan-desakan.

“Semua pihak luar hendaknya menahan berkomentar yang tidak perlu dengan tetap melihat upaya-upaya yang telah dilakukan secara sistematis dan serius oleh Pemerintah Indonesia,” kata Siti.

Ia memastikan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan meluas dan menimbulkan bencana asap besar seperti tahun lalu.

Tim terus bekerja untuk memadamkan kebakaran sehingga tidak meluas. Berbagai peralatan, seperti helikopter, juga sudah disiagakan untuk melakukan pemadaman dari udara.

Siti menilai, upaya yang dilakukan ini sudah mulai membuahkan hasil.

“Ini terlihat dari menurunnya titik api dan luasan sebaran asap, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun-tahun sebelumnya,” ucap Siti.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho sebelumnya merilis bahwa asap dari Riau sudah memasuki wilayah Singapura pada Jumat (26/8/2016).

Kendati demikian, lanjut Sutopo, konsentrasi asap terpantau masih cukup tipis. Kualitas udara di Singapura untuk PM10 masih tergolong baik, sedangkan untuk PM2,5 sudah tidak sehat.

Kualitas udara PM2,5 di beberapa wilayah di Singapura terukur sebesar 215-217 psi, yang artinya tidak sehat, pada Jumat pukul 13.00 WIB.

loading...

Lihat Juga

Kapal RI BIMA SUCI

Batam.07122017 Pelabuhan Batu Ampar telah merapat KRI BIMA SUCI diperkirakan selama 3 hari. Bima suci …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *