Minggu , 18 April 2021
Breaking News
Beranda / Berita / Nasional / Malam Ini, Komisi III Gelar Rapat Pleno Hasil “Fit and Proper Test” Calon Hakim Agung

Malam Ini, Komisi III Gelar Rapat Pleno Hasil “Fit and Proper Test” Calon Hakim Agung

Komisi III DPR akan menggelar rapat pleno terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung, pada hari ini, Senin (29/8/2016) malam.

Sebelumnya, Kamis (25/8/2016) lalu, dua calon telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III.

Anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan, sebelum pengambilan keputusan malam nanti, Komisi III masih akan menguji tiga calon lagi siang ini.

“Pertimbangan dari Komisi III masih sama, ada tiga aspek yakni integritas, kapabilitas, dan komitmen. Itu semua akan jadi pertimbangan dalam menentukan hasilnya,” kata Arsul, melalui pesan singkat, Senin (29/8/2016).

Arsul menambahkan, sejauh ini hasil uji kelayakan dan kepatutam dua calon hakim agung sebelumnya masih belum menunjukkan kualitas hakim yang revolusioner.

“Dua calon Hakim Agung sebelumnya masih berada di kuadran dua, artinya tidak kurang-kurang amat tapi juga tidak menonjol,” lanjut Arsul.

Arsul menilai, saat ini Mahkamah Agung (MA) membutuhkan hakim agung yang revolusioner untuk menyelesaikan kompleksnya permasalahan hukum di Indonesia.

“Kalau hanya pada kuadran rata-rata maka memang menjadi kurang optimis untuk bisa mendorong reformasi kultural dan perilaku lingkungan dunia peradilan, khususnya di MA,” papar Arsul.

“Maunya ada hakim yang tegas berani bilang bahwa kebiasaan hakim main golf dengan pengacara atau pengusaha itu tidak boleh lagi ada, kalau ada Hakim Agung makan bareng pihak yang berperkara maka harus mundur, itu baru revolusioner dan ada di kuadran atas,” lanjut politisi Partai Persatuan Pembangunan itu.

Selain itu, ada pula dua calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi di MA yang juga tengah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Berikut lima nama calon hakim agung dan dua calon hakim ad hoc Tipikor yang diusulkan KY untuk dimintakan persetujuannya kepada DPR:

a. Calon Hakim Agung
1. Dr. Ibrahim, S.H., M.H., LL.M (Perdata)
2. H. Panji Widagdo, S.H., M.H. (Perdata)
3. Setyawan Hartono, S.H., M.H. (Perdata)
4. Kol.Chk.Hidayat Manao, S.H., M.H. (Militer)
5. Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. (Agama)

b. Calon hakim ad hoc Tipikor di MA
1. Dermawan S. Djamian, S.H.,M.H., CN.
2. Dr. H.Marsidin Namawi, S.H., M.H.

loading...

Lihat Juga

Kapal RI BIMA SUCI

Batam.07122017 Pelabuhan Batu Ampar telah merapat KRI BIMA SUCI diperkirakan selama 3 hari. Bima suci …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *