Senin , 26 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Berita / Nasional / 221 Jemaah haji RI wafat, 72 persen berusia di atas 60 tahun

221 Jemaah haji RI wafat, 72 persen berusia di atas 60 tahun

Jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia terus bertambah. Sampai hari ini, Rabu (21/9), total jemaah haji yang wafat berjumlah 221 orang. Dari jumlah tersebut, mayoritas berusia di atas 60 tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kesehatan PPIH Arab Saudi, Eka Jusuf Singka di Kantor Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

“Jemaah haji yang wafat terbanyak di atas 60 tahun, 144 orang atau 72 persen,” kata Eka Jusuf.

Sedangkan, menurut Eka, yang meninggal dunia di atas 51-60 tahun 23 persen, 47 orang. Sementara yang meninggal dunia di bawah 51 tahun sejumlah 4,5 persen. “Kebanyakan yang wafat laki-laki,” imbunya.

Adapun jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat sebagian besar masih karena penyakit jantung atau cardio vaskular. “Penyebab kematian terbesar masih cardio vaskuler, 60 persen. Yang kedua, penyakit pernapasan, 20 persen,” kata Eka.

Eka menambahkan, meski pasca Armina jumlah jemaah haji yang wafat terus bertambah, namun jumlah tersebut masih tergolong sedikit dibanding dengan dengan hari yang sama tahun lalu.

“Data dibandingkan di hari yang sama, sekarang 221 orang (hari ke-43 pelaksanaan haji). Tahun lalu 479 orang. Mudah-mudahan jangan sampai ada tambahan,” imbuh Eka.

Jumlah jemaah haji yang wafat menurun, menurut Eka, karena pada saat pelaksanaan Armina, tim preventif proaktif serta tim gerak cepat sukses menyelamatkan ratusan jemaah haji yang mengalami heat stroke.

“Angka yang wafat selama wukuf rendah. Ada 184 orang yang diselamakan dari heat stroke yang tercatat,” ungkap Eka.

Dia menambahkan, saat wukuf di Arafah beberapa waktu lalu, jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat 7 orang, 14 jemaah di Mina, dan satu orang di Muzdalifah.

loading...

Lihat Juga

Kapal RI BIMA SUCI

Batam.07122017 Pelabuhan Batu Ampar telah merapat KRI BIMA SUCI diperkirakan selama 3 hari. Bima suci …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *