Sabtu , 24 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Berita / Kolam Renang Ngalau Padat Pengunjung Saat Balimau

Kolam Renang Ngalau Padat Pengunjung Saat Balimau

Kota Payakumbuh, Matarakyatnews.com – Kebiasaan balimau bagi muslim yang akan melaksanakan puasa Ramadhan, berdampak postif kepada penerimaan di kolam renang dan water boom Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh. Sepanjang  empat  hari jelang masuknya Ramadhan, ribuan warga dari berbagai daerah, berdatangan menikmati liburan sekolah sambil  balimau. Sepanjang empat  hari lalu,  14 -17  Juni 2015,  terjadi lonjakan pemasukan retribusi, diperkirakan total lebih kurang 22  juta.

“Angka pastinya belum kita ketahui, karena pengunjung masih banyak yang belum masuk ke kolam renang.  Namun, diperkirakan sekitar Rp20-an juta.  Sementara itu, pihak  DPPKA Payakumbuh sejak sepekan lalu, melakukan uji petik pemasukan di kolam renang ini, terutama disaat liburan ini, ucap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, Rabu  (16/6).

Menurutnya,  meningkatnya jumlah kunjungan ke kolam renang, sehubungan dengan budaya balimau yang masih mengental di kalangan masyarakat menjelang Ramadhan.

Dikatakan, Syahnadel,  empat  hari menjelang masuknya Ramadhan,  diakuinya lonjakan pengunjung cukup signifikan.  Dua kolam permainan anak-anak yang dilengkapi dengan water boom cukup padat sekali. Begitu juga kolam renang prestasi yang juga mengalami kepadatan pengunjung.

Hanya saja, Syahnadel belum dapat memastikan, apakah target PAD tahunan dari kolam renang akan tercapai. “Kami belum dapat memastikan, apakah pemasukan tiga hari jelang Ramadhan  ini akan mampu menutup target PAD yang masih terpaut 6 bulan lagi,” sebutnya.

Target retribusi dari kolam renang tahun ini cukup tinggi, lebih kurang Rp700 juta. Hingga akhir Mei target itu baru terealisir 20%. Mudah-mudahan hingga berakhirnya tahun anggaran Desember nanti, beban target itu dapat tercapai. Karena, biasanya pada lebaran dan liburan akhir tahun, jumlah pengunjung juga akan meningkat, katanya.

Selama empat  hari jelang Ramadhan itu, total pemasukan retribusi dari kolam renang mencapai sekitar Rp22 juta. Angka tersebut meningkat dibanding kegiatan balimau tahun lalu,  yang hanya berjumlah sekitar Rp20 juta.  Peningkatan terjadi, karena saat balimau itu bertepatan dengan libur sekolah, katanya. (jn)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *