Sabtu , 24 Oktober 2020
Breaking News
Beranda / Berita / Cyber Crime Ancam Nasabah Bank Indonesia

Cyber Crime Ancam Nasabah Bank Indonesia

 

Cyber Crime Ancam Nasabah Bank Indonesia

Kejahatan cyber yang menargetkan para nasabah bank yang memanfaatkan internet banking mulai marak terjadi di Indonesia. Hal itu terutama dialami oleh mereka yang menjalankan aktivitas internet banking lewat komputer yang sudah terterinfeksi malicious software (malware).

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Victor Simanjuntak, beberapa waktu lalu, setelah jajarannya berhasil membongkar tindak kejahatan yang dilakukan oleh sebuah jaringan.

Menurut Victor, modus yang digunakan jaringan itu adalah dengan menyusupkan virus malware ke komputer nasabah. Dengan masuknya virus itu ke komputer nasabah, maka ketika nasabah melakukan transaksi internet banking, virus akan otomatis mencatat nomor PIN nasabah. Dengan PIN tersebut, pelaku kejahatan dapat menguras dana dari rekening nasabah.

“Karena komputer nasabah yang disusupi, maka pelaku bisa mengambil alih kendali komputer nasabah,” jelas Victor. “Kemudian secara otomatis uang yang ditransfer masuk ke rekening kurir yang bekerja sama dengan pelaku.”

Sebanyak 300 nasabah, menurut Victor, telah menjadi korban dari tindak kejahatan yang dikendalikan pelaku dari Ukraina, dengan nilai kerugian mencapai Rp130 miliar. Walau demikian, Victor menjelaskan, sistem internet banking bank sendiri tidak berhasil dibobol atau dijangkiti.

Untuk menghindari tindak kejahatan jenis ini, Victor menyarankan agar nasabah bank selalu menggunakan software asli di komputer mereka, mencari informasi sejelas-jelasnya dari pihak bank tentang cara mengakses internet banking yang aman, serta tidak mengunduh program atau aplikasi di internet yang tidak diketahui nasabah.

loading...

Lihat Juga

KM Kelut di penghujung 2017

Batam 23 Des 2017 Pelabuhan Batuampar Batam KM Kelut keberangkatan terakhir ditahun 2017 dari Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *