Minggu , 24 Oktober 2021
Breaking News
Beranda / Berita Lokal / Padang / Unand Anugerahi JK Doktor Kehormatan

Unand Anugerahi JK Doktor Kehormatan

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, akan dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Andalas Padang, Senin (5/9). Karena sumando rang Minang ini dinilai berkontribusi besar pada negara.

“Pak JK dianggap berprestasi pada beberapa bidang tertentu untuk Negara Indonesia. Salah satunya dalam memediasi perdamaian di beberapa wilayah yang pernah berkonflik,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, pada wartawan Kamis (1/9).

Konflik yang pernah dimediasi oleh JK di antaranya, perdamaian di Aceh, Ambon, dan Poso, sehingga telah menjadi inspirasi banyak pemimpin dalam membina masyarakatnya untuk hidup damai, tak terkecuali di Sumbar.

Pertimbangan lain, dianugrahinya JK, sebagai doktor kehormatan ini, adalah Perundingan Helsinki dan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Lalu, membumikan desentralisasi asimetris demi meneguhkan NKRI.

Sebelumnya, Kepala Humas Unand Eriyanty menuturkan, di bidang hukum, JK juga berperan dalam Pembentukan Ketetapan MPR Nomor XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan otonomi daerah, pengaturan, pembagian dan pemanfaatan sumber daya nasional yang berkeadilan, disertai perimbangan keuangan pusat dan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari inisiatif  Jusuf Kalla itu, otonomi daerah resmi diberlakukan dan memberikan perubahan di daerah.

loading...

Lihat Juga

Harus mudik lebaran 2017

BATAM 22 JUNI 2017 Telaga punggur pelabuhan Roro Asdp H-3 begitu padat antrian sepeda motor,mobil,orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *