Jumat , 25 Juni 2021
Breaking News
Beranda / Berita Lokal / Padang / Pertamina Dukung Konservasi Penyu Pariaman

Pertamina Dukung Konservasi Penyu Pariaman

PT. Pertamina Cabang Pemasaran Sumbar Riau melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara  International Minangkabau (BIM) menyalurkan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) untuk  mendukung upaya konservasi penyu di Pariaman.

Kepala Operasi Pertamina DPPU BIM, Ridwan disela-sela kegiatan penyerahan bantuan CSR di UPT  Konservasi Penyu, Rabu (31/8) mengatakan, bantuan Pertamina untuk program konservasi yakni berupa  pembangunan shelter kolam penetasan penyu dan pelepasan ribuan anak penyu (tukik) ke laut.

Program CSR untuk membantu upaya konservasi penyu merupakan perdana bagi Pertamina. Program tersebut  sekaligus sebagi upaya Pertamina turut mendukung pelestarian keragaman hayati laut, menjaga rantai  makanan biota laut yang selanjutnya menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat nelayan.

“Konservasi penyu penting untuk menjamin keberlangsungan rantai makanan biota laut. Nelayan  mengeluhkan minim ikan tangkapan karena yang banyak terjaring itu justru ubur-ubur. Banyaknya ubur- ubur karena terganggunya rantai makanan dan ekosistem biota laut,” kata Ridwan.

Dijelaskan, ubur-ubur itu yang memakan hanya penyu. Sementara, jumlah penyu pemangsa ubur-ubur  jumlahnya sedikit. Akhirnya ubur-ubur berkembang biak dan jadi biota mayoritas di perairan. Akibatnya  ikan dan biota tangkapan nelayan berkurang karena perairan terlalu banyak ubur-ubur.

Dengan adanya program CSR Pertamina diharapkan bisa membantu menyelamatkan Penyu, hewan langka yang  habitatnya terancam punah, sekaligus untuk menjaga keseimbangan rantai makanan biota laut, sehingga   ikan dan biota tangkapan nelayan terus tersedia di laut Pariaman.

Upaya konservasi kerjasama Pertamina dan UPT Konservasi Penyu Pariaman akan terus dikembangkan.  Bentuknya disesuaikan dengan program UPT. Yang tahu seluk beluk konservasi tentu petugas UPT.  Pertamina dalam hal ini siap mendukung. Apa yang bisa dibantu akan diupayakan, kata Ridwan.

“Untuk program kita serahkan ke UPT Konservasi Penyu. Yang jelas Pertamina mendukung bagaimana  ekosistem laut di Pariaman bisa lestari dan memberi manfaat bagi masyarakat nelayan. Ini bagian dari  program Pertamina Hijau,” Imbuhnya.

loading...

Lihat Juga

Harus mudik lebaran 2017

BATAM 22 JUNI 2017 Telaga punggur pelabuhan Roro Asdp H-3 begitu padat antrian sepeda motor,mobil,orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *