Selasa , 26 Oktober 2021
Breaking News
Beranda / Berita Lokal / Padang / Masjid Raya Sumbar Akhirnya Diresmikan

Masjid Raya Sumbar Akhirnya Diresmikan

Padang, Matarakyatnews.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan penggunaan Masjid Raya Sumbar yang dibangun di Kota Padang pada Selasa.

“Masjid Raya Sumbar sudah masuk dalam nomenklatur di APBD kita, karena anggaran bangunan fisiknya seratus persen dari APBD provinsi,” katanya di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan, dengan sudah diresmikannya masjid raya yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman ini, maka sudah resmi digunakan pada bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadah di bulan suci ini.

Ia menjelaskan, pembangunan Masjid Raya Sumbar hingga kini sudah menghabiskan dana lebih kurang Rp191 miliar. Untuk menyelesaikan tuntas keseluruhan dengan kompleks Islami Center bisa menghabiskan dana sebesar Rp400 miliar.

Irwan berharap, agar pada tahun 2016 pembangunan masjid raya semakin kelihatan cantik, gagah dan mewah, sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk beribadah.

“Banyak yang masih bertanya ini masjid atau bukan. Setelah nanti kami anggarkan untuk membuat menaranya, baru terlihat bahwa menara ini menjadi ciri bagi mesjid,” ujarnya.

Ia mengatakan, Masjid Raya Sumbar dapat menampung sekitar lima ribu jamaah untuk lantai dua dan empat ribu jamaah untuk lantai satu.

Ia mengungkapkan, sebenarnya masjid raya ini sudah digunakan oleh masyarakat. Walaupun belum total, karena pembangunan tata ruang dan pekarangannya belum selesai.

“Tidak ada target dalam perencanaan kapan Masjid Raya Sumbar selesai, yang penting dapat digunakan setiap harinya,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak ada masjid di dunia ini yang namanya selesai, karena akan akan ada pembangunan dan perbaikan untuk selanjutnya.

Untuk keamanan masjid, katanya, pihaknya sudah menugaskan satpol PP untuk berjaga-jaga agar tidak ada yang dapat merusah ibadah para jamaah yang datang. (rel)

Lihat Juga

Harus mudik lebaran 2017

BATAM 22 JUNI 2017 Telaga punggur pelabuhan Roro Asdp H-3 begitu padat antrian sepeda motor,mobil,orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *